:

7 Langkah Ini Bisa Bikin Perkutut Gacor Lewat Ombyokan, Yuk Simak Caranya


Perkutut
Perkutut Songgo Ratu

RADAR TEGAL – Memelihara burung menjadi salah satu hobi yang digemari oleh banyak orang. Salah satunya, memelihara Burung Perkutut gacor.

Untuk membuat Burung Perkutut gacor ternyata bisa berasal dari burung ombyokan atau yang dijual di sejumlah kios burung. Namun, ada sejumlah langkah yang harus diperhatikan.

Pasalnya, memilih burung ombyokan tidak bisa menjamin perkutut akan bisa bersuara. Jika salah, burung perkutut akan giras atau bahkan mati.

Berikut kami sajikan tips agar burung perkutut gacor dari bahan ombyokan.

1. Pilih Burung Perkutut yang Sehat

Sebagai pemula, langkah pertama yaitu memilih perkutut yang sehat. Pasalnya, jika tidak memilih burung yang sehat, maka burung bakal mati setelah beberapa hari anda beli.

Untuk ciri-ciri perkutut sehat saat di ombyokan antara lain, terlihat lincah namun tidak giras. Kemudian bulu-bulunya akan terlihat normal dan tidak menggembung.

Selanjutnya, yang anda perhatikan burung yang akan anda pilih dengan seksama di toko burung. Anda bisa memilih burung yang sesekali bersuara untuk dibeli.

Burung perkutut yang sesekali bersuara saat bersuara di ombyokan, menandakan mentalnya bisa anda bentuk. Sehingga, jika anda memeliharanya, tidak membutuhkan waktu yang lama untuk menjadikannya gacor.

BACA JUGA : Sakit, Seorang ABK di Brebes Meninggal di Perairan Bangka Belitung

2. Stok Pakan dan Air Minum Terjaga

Setelah anda memilih burung yang sehat dan mental tinggi, langkah selanjutnya anda harus menjaga kesehatan burung. Salah satunya dengan menjaga stok pakan dan air minum yang ada pada sangkar.

Apalagi, dengan air minum dan pakan yang terjaga dapat membuat burung anda tidak mudah terserang penyakit. Selalu cek kondisi pakan dan air setiap hari agar bisa terkontrol.

Sedangkan pemberian pakan, anda jangan hanya memberikan milet saja. Melainkan dengan tambahan lain seperti ketan hitam. Apalagi, saat ini pakan burung perkutut bisa dibeli di toko atau kios burung.

3. Menjemurnya Setiap Hari

Selain dua langkah di atas, menjaga burung perkutut agar sehat dan gacor yakni dengan menjemurnya setiap hari. Waktu nya yakni pada pukul 07.00-09.00 WIB.

Jika anda ada kesibukan karena beraktivitas atau kerja, anda bisa melakukannya minimal 2 kali dalam seminggu. Penjemuran ini berguna untuk menghangatkan burung perkutut anda sekaligus menambah kesehatannya.

Dalam penjemuran itu, ada juga harus memastikan kondisi aman. Jangan sampai ada hewan pemangsa seperti kucing yang mendekat. Apabila kucing mendekat dan sempat menerkam sangkar burung anda, maka hal itu akan menurunkan mental perkutut. Sehingga menjadi giras dan sulit dijinakan.

BACA JUGA :5 Jenis Burung Perkutut Ini Dipercaya Mampu Menghalau Santet

4. Rutin Memandikan Perkutut

Langkah selanjutnya yaitu memandikan perkutut dengan rutin. Dalam hal ini, anda bisa menggunakan air bekas mencuci beras untuk memandikannya.

Sebelum memandikan, anda harus mengambil perkutut dari dalam Sangkar dengan hati-hati agar tidak giras. Kemudian anda elus-elus sampai perkutut merasakan nyaman baru kemudian anda mandikan.

Saat memandikan, anda harus berhati-hati jangan sampai air masuk ke dalam telinga burung. Kalua hal itu terjadi, maka bisa menyebabkan burung anda mati.

Memandikan perkutut biasa dilakukan sebelum melakukan penjemuran. Hal ini agar setelah anda memandikannya, perkutut tidak merasakan kedinginan.

5. Memberi makan Extra Fooding dan Jamu Agar Burung Perkutut Gacor

Memberikan makan tambahan Extra fooding dan jamu ada salah satu langkah selanjutnya. Makanan extra fooding yang bisa anda berikan antara lain biji sawi.

Anda juga bisa memberikan kacang hijau, bawang putih yang sudah halus dan kencur dengan cara melolohkannya. Selain extra fooding, anda juga perlu memberikan jamu kepada perkutut anda. Sekarang ini, jamu khusus perkutut seperti Larasari bisa anda beli di kios burung.

BACA JUGA : Burung Perkutut Gacor dari Ombyokan, Ikuti 7 Langkah Berikut Ini

6. Memutarkan MP3 Suara Perkutut

Langkah berikutnya yakni memutarkan MP3 yang berisi suara perkutut yang sudah gacor. Ini berfungsi untuk melatih suara perkutut itu sendiri.

Semakin sering memutarkan MP3, maka burung anda akan memiliki insting untuk mengikuti suara yang ada.

7. Menempatkannya di Tempat yang Tinggi

Menempatkan Perkutut pada tempat yang tinggi berfungsi juga untuk melatih mentalnya. Semakin tinggi tempatnya, maka mentalnya semakin kuat dan bisa ikut perlombaan.

Anda bisa membuat tiang setinggi sekitar 3 meter beserta dengan tali dan katrol untuk mengereknya ke atas. Namun, jika tidak memungkinkan, maka tempatkan perkutut di langit-langit rumah.

Berikut adalah langkah untuk menjadikan burung perkutut anda gacor. Meskipun berasal dari ombyokan. Selamat mencoba. (*)

Ikuti Kami di

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *