:

5 Tips Agar Tetap Istikamah


Ilustrasi saat berdoa

RADAR TEGAL – Bagi seorang muslim pasti sering mendengar istilah istikamah atau bahkan mengucapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Walau mudah mengucapkannya tetapi tidak semudah menjalankannya.

Pengertian istiqomah berasal dari bahasa Arab yang artinya ‘lurus’, secara umum istikamah sendiri adalah usaha untuk menjaga perbuatan baik atau ibadah di jalan yang diridhoi Allah Ta’ala secara konsisten dan tetap konsisten.

Melaksanakan perintah agama islam secara istiqomah bukanlah hal yang mudah, banyak faktor yang dapat membuat goyah dan akhirnya berbelok dari jalan yang lurus.

Tetapi inilah tantangan yang harus dihadapi setiap muslim ketika ingin berubah menjadi lebih baik.

Berikut adalah lima tips agar tetap istiqomah.

1. Bergaul dalam lingkungan yang sejalan

Kita memerlukan lingkungan yang selalu mendukung, karena kondisi keimanan seseorang dapat turun naik sehingga apabila kondisi sedang turun ada teman-teman yang selalu mengingatkan.

Lingkungan dapat mendukung agar kita selalu dalam kedaan lebih baik. Untuk mendapatkan lingkungan tersebut, hal termudah yang perlu kita lakukan adalah bergabung dengan komunitas kajian yang sejalan dengan tujuan kita.

2. Mencari pembimbing atau guru

Banyak ilmu yang sekarang tersebar di media sosial baik itu youtube, instagram dan yang lainnya, tetapi belajar dan dibimbing langsung oleh seorang guru akan lebih komunikatif. Dengan adanya guru dapat langsung bertanya dan mendapat pemahaman yang lebih mendetail.

3. Belajar secara intensif

Setelah menemukan guru yang tersebut selanjutnya meminta bimbingan kepadanya secara sungguh-sungguh, terus menerus dan menyeluruh bagaimana memahami islam mulai dari akar sampai buah.

4. Membaca kisah Rasulullah dan sahabat sebagai teladan

Tips selanjutnya adalah dengan cara membaca dan mempelajari kisah-kisah para Nabi dan sahabat atau orang-orang saleh lainnya.

Seperti Firman Allah yang tertuang dalam Qur’an Surat Hud ayat 120 ,

وَكُلًّا نَّقُصُّ عَلَيْكَ مِنْ أَنۢبَآءِ ٱلرُّسُلِ مَا نُثَبِّتُ بِهِۦ فُؤَادَكَ ۚ وَجَآءَكَ فِى هَٰذِهِ ٱلْحَقُّ وَمَوْعِظَةٌ وَذِكْرَىٰ لِلْمُؤْمِنِينَ

Artinya: “Dan semua kisah dari rasul-rasul Kami ceritakan kepadamu, ialah kisah-kisah yang dengannya Kami teguhkan hatimu; dan dalam surat ini telah datang kepadamu kebenaran serta pengajaran dan peringatan bagi orang-orang yang beriman”

5. Memperbanyak berdo’a kepada Allah Ta’ala

Memanjatkan doa merupakan ikhtiar meminta kepada Allah Ta’ala atas keteguhan hati agar selalu berjalan di atas rel yang Allah kehendaki.

Salah satu doa yang sering Rasulullah baca tertuang dalam hadis riwayat At Tirmidzi nomor 3522 yang berbunyai:

يَا مُقَلِّبَ الْقُلُوبِ ثَبِّتْ قَلْبِي عَلَى دِينِكَ

“Ya muqollibal quluub tsabbit qolbii ‘alaa diinik”

Artinya : Wahai Dzat yang Maha Membolak-balikkan hati, teguhkanlah hatiku di atas agama-Mu.

Ikuti Kami di

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *