:

Masak Air Ditinggal Tidur, Rumah Lansia di Pemalang Ludes Terbakar


DIPADAMKAN - Petugas pemadam kebakaran dibantu warga tengah memadamkan api dan membersihkan puing-puing reruntuhan rumah milik korban. (foto: m ridwan/rtg)

RADAR TEGAL – Usai tiga rumah warga di Kelurahan Pelutan Kecamatan Pemalang Kabupaten Pemalang terbakar beberapa hari lalu, insiden serupa kembali terjadi di Kabupaten Pemalang.

Kobaran api kali ini membakar rumah milik Ruminah (75), warga Dusun Batur RT 25 RW 3 Desa Cikendung Kecamatan Pulosari. Rumah semi permanen itu hangus dilalap si jago merah, Sabtu 24 Desember 2022.

Salah seorang saksi mata, Paryanto menceritakan, api tiba-tiba muncul dari belakang rumah lansia tersebut. Melihat itu, dia spontan meneriaki pemilik rumah yang masih tertidur untuk segera keluar dari dalam rumahnya.

“Kemudian saya langsung menghubungi Pos Damkar Randudongkal,” katanya.

Kepala UPTD Pemadam Kebakaran Satpol PP Pemalang Diar Hendrayanto menyatakan, begitu ada laporan, 8 orang petugas langsung diterjunkan ke lokasi kebakaran untuk melakukan pemadaman dan mengevakuasi barang-barang yang perlu diamankan.

“Petugas juga memeriksa dan menanyakan atau mencari sebab terjadinya kebakaran,” jelas Diar.

Dia mengatakan keterangan dari saksi dan kondisi di lapangan, kebakaran diduga bersumber dari kompor atau tungku yang digunakan korban untuk merebus air.

“Pemilik rumah merebus air, lalu ditinggal tidur,” kata dia.

Berdasarkan catatan petugas, lanjutnya, laporan adanya kejadian kebakaran diterima pukul 09.02 WIB. Petugas berangkat ke lokasi pukul 09.04 WIB

Sampai di lokasi pukul 10.30 WIB dam api berhasil dipadamkan pada pukul 12.30 WIB.

“Pemilik rumah mengalami luka bakar di muka dan kaki, sedangkan kerugian ditaksir mencapai kurang lebih Rp100 juta,” terangnya. (*)

Ikuti Kami di

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *