:
Lokal  

Target Jadi World Class University, UPS Tegal Gencarkan Seminar dan Publikasi Jurnal Internasional


RADAR TEGAL – Pascasarjana UPS menggelar MALAPY 2022 International Conference on Law, Social Science, Economics, and education 2022, Rabu 21 Desember 2022 lalu.

Seminar International Conference bertema Increasing Resiliency and Sustainability in Social Sciences Through Digital Transformation dilakukan di Ruang Senat Lt.2 Gedung Rektorat Universitas Pancasakti Tegal. 

Seminar ini merupakan program gabungan dari tiga program studi pascasarjana, yaitu Magister Manajemen, Ilmu Hukum, dan Pedagogi. Kegiatan ini dilakukan secara hybrid, yakni kolaborasi offline dan online dengan menggunakan zoom meeting. 

Pada gelaran kali ini, Pascasarjana UPS menghadirkan Prof. Dr. Zaharah binti Hussin Universiti Malaya Malaysia; Director of Postgraduate Program Universitas Pancasakti Tegal, Prof. Dr. Sitti Hartinah DS MM; Director of Research and Publication at Mili Institute of Higher Education Afghanistan, Dr. Lufturrahman Aftab, PhD., M.Phill; akademisi dari Moscow City University Samara Russia, Ms. Starkova Julia, PhD; perwakilan dari Near East University Northern Cyprus, Dr. Danish Suleman; dan Chercheuse a Iā€™ENSA Agadir Universite IBNZOHR Morroco, Dr. Tourabi Amina Eselgnante.

Seminar Internasional yang dimoderatori Head of Cooperation and International Affairs Universitas Pancasakti Tegal, Dr. Yoga Prihatin, MPd itu, dibuka oleh Wakil Rektor 1 UPS Tegal, Dr Purwo Susongko MPd. 

Rektor Universitas Pancasakti Tegal Dr. Taufiqulloh M.Hum melalui Wakil Rektor 1 Dr. Purwo Susongko MPd mengucapkan terima kasih kepada seluruh pembicara MALAPY 2022. Menurutnya, mereka telah menyumbangkan pemikirannya dalam acara akademik ini.

Dipaparlan Purwo, UPS Tegal yang memproyeksikan diri menjadi World Class University, masih memerlukan banyak aspek penting yang harus dipenuhi. Misalnya memajukan kurikulum berstandar internasional serta mengembangkan kemampuan mahasiswa dan dosennya, agar sesuai dengan sistem pendidikan berstandar internasional.

Selain itu, beber Purwo, juga menerapkan nilai global dalam setiap aspek pendidikan Internasional, dan merancang kerjasama dengan lembaga pemerintah dan lembaga non-pemerintah untuk bekerja sama meningkatkan layanan pendidikan.

“Melalui seminar Internasional dan kerja sama antar perguruan tinggi, banyak perguruan tinggi termasuk Universitas Pancasakti Tegal mengalami peningkatan kualitas pendidikannya,” kata Purwo.

Purwo juga mengungkapkan Universitas Pancasakti Tegal terus memperluas jejaringnya, dengan banyak universitas di seluruh dunia. Termasuk, ungkap dia, sesama universitas yang menerima mahasiswa dan sarjana internasional, serta mengirimkan mahasiswa dan dosennya ke seminar atau konferensi Internasional. 

“Kami percaya ini akan memiliki efek yang merangsang aspek komprehensif di Universitas Pancasakti Tegal yang memiliki komitmen sama. Yaitu memperkuat pertukaran sosial, budaya, dan pendidikan secara global,” tambahnya lagi.

Direktur Pascasarja Universitas Pancasakti Tegal, Prof. Dr. Sitti Hartinah DS MM mengatakan Malapy 2 penting bagi dosen, peneliti, dan mahasiswa untuk dapat mempublikasikan hasil penelitiannya secara Internasional. Diharapkan nantinya publikasi ilmiah yang dihasilkan dapat menunjang dan memperkaya ilmu pengetahuannya, sehingga bisa bermanfaat bagi kemajuan ilmu sosial.

“Saya memastikan diskusi akan menguntungkan dan bermanfaat bagi semua yang hadir,” tandas Hartinah

Ditambahkan pula, Malapy 2 merupakan kelanjutan dari Malapy pertama. Menurutnya salah satu syarat mahasiswa pascasarjana untuk diwisuda harus memiliki jurnal Internasional.

“Ini sedang disiapkan untuk itu. Termasuk Malapy 2 ini untuk kesiapan bagi mahasiswa yang akan di wisuda Maret 2023 yang akan datang,” pungkas Hartinah. (*)

Ikuti Kami di

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *